Tiga "Surga Air" yang Menyatu di Giri Tirta Banjarnegara

September 23, 2013


Curug Mrawu Banjarnegara. My World Paradise.

Gemerujug air perlahan terdengar menggempita. Suaranya kini memberantas hening yang daritadi menyelimut langkah saya menyusur sebuah setapak selokan di igir-igir perbukitan. Tandanya, telah dekat menjangkau Curug Genting. Satu di antara dua curug sunyi yang menyelinap di Giri Tirta, Pejawaran Banjarnegara, lereng selatan Dataran Tinggi Dieng. Penasaran saya pun makin membuncah. Tak sabar untuk lekas bersimpuh di hadapannya.

Setengah kilometer berjalan, tibalah saya pada sebuah jembatan bambu yang melintang di atas sungai kecil berbatu. Aha.. Di sebelah kiri saya Curug Genting sudah sayup-sayup tampak. Sayup-sayup melambaikan pesonanya. Tapi tunggu. Sabar sebentar. Saya harus bergantian melintas jembatan dengan seorang warga yang sedang memanggul rumput. Dia sehabis mengambil rumput dari ladang untuk memberi makan ternaknya. Senyum tulusnya mengembang. Dan, dia bertutur ramah mengingatkan saya.


“Hati-hati ya mas. Soalnya sepi. Jangan kesorean pulangnya.” pesan dia dalam logat Banyumasan atau Jawa Ngapak. Daerah Banjarnegara itu termasuk dalam kawasan yang dipengaruhi bahasa Jawa Banyumasan.

Benar katanya. Kondisi begitu sepi. Hening. Saat itu saya seperti mengunjungi sebuah ruang pribadi milik sendiri. Saya satu-satunya pengunjung. Siang di akhir pekan tak membuat kaum wisatawan berhasrat berkunjung ke lokasi yang menyuguhkan tiga hidangan pesona dalam satu piring destinasi. Masih sedikit orang yang mafhum, di pelosok Desa Giri Tirta, Kec. Pejawaran ini, ada Curug Genting, Sumber Air Panas Giri Tirta dan Curug Mrawu yang terletak bersebelahan sepanjang Sungai Mrawu, anak sungai Serayu.

Harus diakui, untuk menjangkaunya memang butuh perjuangan yang tak mudah. Sekalipun itu untuk orang lokal Banjarnegara. Teman saya yang asli Banjarnegara bahkan tak tahu menahu. Dari Kota Banjarnegara berjarak 35 km, ke utara, ke arah Dieng merayapi jejalanan pegunungan. Hingga Pasar Karangkobar, beloklah ke kanan ke arah Pejawaran. Sejauh 7 km, di sebelah kiri jalan akan ada Gapura Curug.

Mulai dari sini, jalanan berubah bergelombang, aspal mengelupas. Mulai dari sini, sering-seringlah bertanya kepada warga yang biasanya dijumpai di ladang, bercocok tanam aneka sayuran. Mereka pasti akan senang hati menunjukkannya. Sebagai destinasi wisata yang belum terangkat, masih minim petunjuk arah.

Curug Genting. Curug pertama setinggi 70 meter.
Bapak pencari rumput melintas jembatan bambu di atas sungai yang menjingga karena bercampur air panas.
Melewati hamparan sayuran yang di tanam di ladang warga. Menambah romantisme suasana menjelajah.

Jujur, rasanya tak akan menyesal hadir bersusah payah hingga tiba di Curug Genting. Benar indah, jauh seperti yang terbayang. Benar-benar inilah ruang imajinasi pribadi saya. Guyuran air tumpah dari ketinggian 70 meter. Di bawah telah menyambut bebatuan besar kecil yang berserakan. Rumput hijau tampak menghampari bebatuan itu di sisi luarnya. Aiiih.. Saya tiada hentinya mengucapkan syukur. Ini menjadi awal kepuasan lahir batin saya.

Saya tidak lama menyigi molek Curug Genting. Ini baru mula dari tiga pesona yang akan dikunjungi di Giri Tirta. Saya pun beranjak melangkah ke pesona kedua: Sumber Air Panas. Mulai dari sini, perjalanan melewati ladang-ladang sayuran milik Warga Giri Tirta. Pematang sempit menjadi jalan tempat kaki melangkah di antara ladang kubis, luncang, lombok, seledri, dan lain-lain.

Tampak para warga bersemangat merawat tanaman. Sesekali saya ‘ganggu’ mereka dengan lemparan senyum dan sapa. Dan tentunya, di sela kesibukannya, mereka dengan riangnya membalas senyum dan sapa saya. Sebuah kehangatan warga di tengah udara sejuk lereng pegunungan. Di lereng bukit seberang, ukiran ladang sayur beserta geliat warga petaninya juga tampak menjadi pesona yang bisa menebas lelah.  

Air Panas Giri Tirta menyambut saya dengan guyuran air hangatnya yang deras. Air ini berasal dari mata air di lereng bukit sebelah atas. Langsung muncul dari dalam perut bumi. Keunikannya, air panas ini lalu mengalir melalui ‘jalan’ yang terbentuk dari tanah yang menguning akibat reaksi kimia belerang. Daerah Perbukitan Giri Tirta ini memang dekat dengan Dieng yang aktif. Tepat terjadi persinggungan pancaran dari dapur magma yang mengena sumber mata air. Jadilah tercipta beberapa sumber dan aliran air panas yang menyembul ke daratan sebelum selanjutnya bergabung dengan sungai Mrawu ini.          

Saya begitu puas tatkala membasuhkan air hangat itu ke muka dan tangan. Asap dari uap air juga halus mengusap wajah. Tak hanya itu, saya biarkan kaki terus menerus dibelai mesra oleh air hangat. Lelah yang mendera dalam perjalanan seketika hilang. Badan terasa segar bugar. Angin sejuk yang hadir di lereng makin menambah saya masyuk terlempar makin dalam pada kenikmatan luar biasa. Hadir dan menikmati air panas ini juga menjadikan saya terasa awet muda. Secara medis, kandungan belerang itu bagus untuk perawatan kulit.

Air panas Giri Tirta. Deras mengalir. Muncul dari perut bumi di kawasan Giri Tirta. Mantap untuk mandi air panas.
Inilah jalur yang mengalirkan air panas dari mata air. Turun merayapi membentuk batuan kuning menjingga.
Debit air yang begitu besar. Memuncrat. Sekalipun musim kemarau tak memengaruhi debit air panas Giri Tirta.
Saya mulai lagi melangkahi pematang di antara ladang. Perlu berlanjut menuju tujuan paling akhir dan paling akbar petualangan. Apa lagi tujuannya kalau bukan Curug Mrawu? Dari Air Panas berjarak sekitar 200 meter. Saya begitu bersemangat menuju ujung perjalanan. Jauh datang-datang dari Jogja, menyepi, melakukan private travelling,berkontemplasi, sehari memanjakan diri, tentu saya harus menuntaskannya dengan sempurna.

Curug Mrawu sepertinya telah menunggu kehadiran saya dari tadi. Begitu tiba, dia langsung menyambut saya dengan semarak panoramanya. Alangkah luar biasa! Guyuran air begitu indah dengan kejatuhan air yang melompat pada batuan bertingkat-tingkat setinggi 60 meter. Mula-mula air turun dari satu aliran tunggal. Lalu, sembari menimpa bebatuan di bawahnya, air menyebar makin melebar hingga ke bawah. Cantik sentrifugal.

Maka, tiada kata yang tersebut pertama di mulut saya selain “Woow!! Subhanallah”. Saya teriak kencang-kencang dan saya yakin hanya tebing yang mau mendengarkannya.

Namun, panorama itu masih sepenggal cerita. Itu bukan apa-apa. Curug Mrawu memiliki satu lagi kekhasan yang tidak dimiliki air terjun manapun. Di sebelah kanan kiri Curug, terdapat sumber air panas. Luar biasa!! Kehadiran air panas membuat kolam yang menjadi tempat timpa Curug bercampur warna merah jingga. Bebatuan yang terserak menyempurnakan pesona.


Siapa yang tidak tertarik untuk menikmatinya? Saya tidak ingin menjadi manusia yang mendustakan nikmat Tuhan di sana. Saya pun nikmati sepenuh hati. Dalam duduk di atas bebatuan, saya menghadap Curug Mrawu sambil membiarkan kaki dibelai air hangat dan dingin yang hadir bersamaan. Pun, berkali-kali saya tersenyum sendiri, bernyanyi sendiri, kadang tertawa sendiri karena begitu gembiranya saya ‘menemukan’ Curug Mrawu.

Curug Mrawu berada di lingkungan ladang warga. Terselinap sunyi.
Di Curug Mrawu, air panas dan air dingin bisa bersatu. Warna merah adalah air panas.
Tak jauh dari Curug Mrawu juga ada air terjun mini yang menggerujug air panas. Makin menyempurnakan 'surga'
 
Kalau boleh, saya akan tahbiskan Curug Mrawu menjadi air terjun paling indah nomor dua di Jawa, setelah Air Terjun Madakaripura yang legendaris di Lereng Bromo. Tapi tentu saja, nilai plusnya bahwa masih sedikit yang menjamah Curug Mrawu, kalau tidak bisa dikatakan sebagai sang perawan jelita. Ini bukan sekedar ego saya, tapi sungguh bukti nyata teruntuk lekukan cantik Curug Mrawu. Sumpah!!

Kalau boleh juga, Curug Mrawu pantas menjadi sepenggal lokasi ‘surga’ dunia saya. Bukankah setiap pejalan juga perlu membuat ‘surga’nya sendiri? Kriterianya tak perlu rumit. Bukankah cukup tempat yang sunyi, indah dan menenangkan? Dalam hening, sepi, dan sendiri, waktu sejam di sana adalah kenikmatan tiada terkira. Tak ada bosannya mencumbu manis selangkangan Mrawu beserta suasana sekitarnya. Fuiiih, ini menjadi sebuah kado sempurna untuk ulang tahun saya.

Teringat pesan bapak pencari rumput yang berpapasan tadi, saya memutuskan pulang. Mentari memang telah merangkak pasti ke ufuk barat. Kini dianya telah pasti terhijab tinggi perbukitan. Hari mulai menggelap, menyongsong temaram senja. Saya pun meninggalkan Curug Mrawu dengan sejuta perasaan puas, riang dan gembira.

Karena Curug Mrawu lah, saya akhirnya menemukan ruang pribadi sebagai hadiah milad saya sendiri. Terima kasih untuk Mrawu dan alam sekitarnya atas ‘surga’ airnya. Dua air terjun dan satu air panas yang menakjubkan. 

Merendam kaki di aliran air panas. Fuiih nikmatnya. Sebuah hadiah ulang tahun sempurna untuk diri sendiri.
Curug Genting. Giri Tirta.
Langsung dari perut bumi. Menakjubkan. Sumber mata air di samping Curug Mrawu.
Ketika air panas bermuara di Sungai Mrawu.
Sungai Mrawu, Ladang Warga dan Curug Mrawu. Di sini, di atas rumput, saya menikmati suasana 'surga'.
Sayangnya di kawasan ini ada penambangan batu yang mengepras bukit. Dilema. Menjadi ladang hidup sebagian warga
Suasana Desa Giri Tirta. Asri. Agamis. Masjid menjadi pusat peradaban.
Curug Mrawu setinggi 60 meter. Panorama surgawi.

You Might Also Like

53 komentar

  1. salaaaam.. kak Agunx.. mantaaaaap..

    BalasHapus
  2. Ni tempat bener2 keren
    Sebenarnya dengan sepinya malah saya seneng karena terasa lebih private hehe

    Sebenarnya pengen berendam air panas pas ke sini... tapi gimana mo berendam kalo yang ada cuma terjunan hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak El Cid, luaaar biasa mas tempatnya.. Saya aja bener2 puas dan gak menyangka ada tempat seindah dan selengkap ini. beneeer2 sepi.. saya ke sana seakan jadi ruang pribadi.. tapi katanya bentar lagi mau dijadikan obyek wisata yg ramai.. hehehe

      bisa mas berendaaam di sana.. ada kubangannya kok.. gak cuma terjunannya doang.. hehe

      makasih udah berkunjung n komen, Kak.

      Hapus
    2. suka banget sama tempat itu,, romantis manissss

      salaammm
      puji.ekapuji.eka@gmail.com

      Hapus
    3. waaaaah.. kak Puji sudah pernah ke air terjun cantik ini yaaah? mantaaaap kan air terjunnya.. hehehe.. :)

      Hapus
    4. ALKHAMDULILLAH ,,saya udah pernah kesana ,,betul betul indah banget.

      Hapus
    5. Baguuuus benaar memangt air terjunnya kak.. :)

      Hapus
  3. wah, saya yang asli banjarnegara malahan blm pernah mengunjunginya.
    destinasi wajib nih buat dijajaki. terimakasih sudah mengangkat tempat wisata di banjarnegara

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama.. makasih udah main k blog saya.. salam kenal kak Dika.. :)

      waah orang Banjarnegara harus segera kunjungi tempat wisata luar biasa ini.. tempat ini patut dapat dua jempol deh.. :)

      Hapus
  4. Balasan
    1. Subhanallah.. itulah kesan pertama ketika saya memandang air terjun Mrawu ini. Sangat unik air terjunnya..

      Ayoo mbak Monika, silakan dikunjungi.. :)

      Salam kenal..

      Hapus
  5. Bagus sekali artikelnya, Fotonya keren dan sangat bermanfaat.
    kunjungi blog saya juga ya, di WANAYASA ONLINE

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasiiih sudah berkunjung, kang Riyadhy.. mantaaaap..

      siyaaap.. mari bertukar informasi yg bermanfaat.. salam kenal..

      Hapus
  6. Ini di mana daerah tepatnya??? minta info lengkapnya dunk,, pengen ke sini juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. di kec pejawaran kab Banjarnegara. jateng. dekat daerah saya tinggal.

      Hapus
    2. Ini di Desa Giri Tirta, Kec Pejawaran.;.. sebelah utara Kota Banjarnegara.. Tidak begitu jauh dari Dieng. :D

      Hapus
  7. maaf, mau kasih info kakak,, untuk Curug Genting terletak di Kecamatan Blado Kabupaten Batang. Curug Semawur terletak di kecamatan Bawang. Curug semawur memang dekat dengan gunung Prau menjadi perbatasan kab batang dan kab Banjar Negara.
    http://www.batanggallery.or.id/search?q=curug+genting
    http://www.batanggallery.or.id/2012/09/curug-semawur-bawang.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah berkunjung dan komentar. Barangkali curug genting yang dimaksud anda adalah yang ada di Batang. Adapun Curug Genting yang saya kunjungi dan tuliskan adalah di Banjarnegara, tepatnya di Desa Giri Tirta, Kec. Pejawaran.
      Trima kasih infonya kak

      Hapus
    2. sangat indah mas Iqbal....saya malah tidak tau sama sekali kalo ada curug seindah itu...makasih sudah berkunjung ke kabupaten Bnajranegara...

      Hapus
  8. padahal saya orang asli Banjarnegara tapi kok malah belum pernah datang ke curug Genting yang sangat mempesona....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kang.. ngetrip bareng rame kayaknya.. :D

      Hapus
  9. bagusss banget..subhanallah
    Nopember 2014 kemarin kesana..tapi ke curug naraban dulu di desa Tludas, Pejawaran (lebih sepi dari 3 curug diatas) ---> wajib dicoba..silakan.
    pulangnya mampir 3 curug diatas..dan subhanallah WOOOOOW..begitu indahnya
    salam kenal mas

    BalasHapus
  10. Saya luruskan,bahwa Curuk penaraban letaknya di dusun Tlodas Desa Sarwodadi, Kc.Pejawaran,Kb.Banjarnegara, selain curuk penaraban ada juga 3 curuk yang berjajar, sehingga masyarakat Desa sarwodadi menyebutnya dengan nama curuk tumpuk telu atau curuk tumpuk tiga yang letaknya di sebelah barat curuk penaraban di balik bukit. Untuk menuju ke curuk tumpuk telu butuh perjuangan karna harus melewati aliran sungai dari curuk tumpuk telu tersebut.

    BalasHapus
  11. Saya luruskan,bahwa Curuk penaraban letaknya di dusun Tlodas Desa Sarwodadi, Kc.Pejawaran,Kb.Banjarnegara, selain curuk penaraban ada juga 3 curuk yang berjajar, sehingga masyarakat Desa sarwodadi menyebutnya dengan nama curuk tumpuk telu atau curuk tumpuk tiga yang letaknya di sebelah barat curuk penaraban di balik bukit. Untuk menuju ke curuk tumpuk telu butuh perjuangan karna harus melewati aliran sungai dari curuk tumpuk telu tersebut.

    BalasHapus
  12. keren bagt kak... jadi pingin ke situ...
    jalanya kondisinya gmn kak??
    bisa di lewatin sepeda motor apa jalan kaki kak,waktu mo nuju curugnya..??

    BalasHapus
  13. langka ni mas ada air terjun yg mengalirkan air panas

    BalasHapus
  14. information for you,
    below are some interesting information that you can read
    Bonus Cashback Tembak Ikan Online

    BalasHapus
  15. This is a very beautiful landscape. And every place that can be safely called the most beautiful place in the world deserves special attention.

    BalasHapus
  16. Halo semuanya! Bantu saya berterima kasih kepada Bunda Esther

    Saya Widodo saya tinggal di Medan di Indonesia, saya telah mencari pinjaman selama beberapa tahun. Saya 6 kali menjadi korban penipuan dengan pemberi pinjaman palsu yang telah menghancurkan hidup saya, saya memang mencoba bunuh diri karena mereka. Karena saya punya hutang dan tagihan yang harus dibayar. Saya pikir ini sudah berakhir untuk saya, saya tidak lagi memiliki perasaan hidup. Saya hampir menyerah, tidak sampai saya mencari saran dari teman SISKA WIBOWO (siskawibowo71@gmail.com) yang kemudian mengarahkan saya ke pemberi pinjaman yang sangat andal, Ny. ESTHER PATRICK yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 150 juta Rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga lebih rendah dari 2%. (estherpatrick83@gmail.com)

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya terapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres . silakan hubungi ibu sekarang estherpatrick83@gmail.com

    Dan saya tahu sebagian besar dari Anda juga telah menjadi korban penipuan, Anda tidak perlu repot lagi karena saya harus menyampaikan kabar baik dan satu-satunya pemberi pinjaman yang dapat Anda percayai, Jadi saya tidak dapat menyimpan ini untuk diri saya sendiri sehingga saya harus mulai dengan membagikan kesaksian tentang mengubah hidup ini bahwa Anda dapat menghubungi saya melalui email (widodocepi@gmail.com) Ny. Esther Patrick Saya selamanya Bersyukur atas Segala yang telah Anda lakukan untuk saya.

    BalasHapus
  17. Thank you for posting such a great article! I found your website perfect for my needs. It contains wonderful and helpful posts. Keep up the good work!. Thank you for this wonderful Article! 경마

    BalasHapus
  18. May I simply just say what a relief to discover someone that actually knows what they are talking about online. You actually know how to bring an issue to light and make it important. 바카라사이트

    BalasHapus
  19. A lot more people ought to look at this and understand this side of the story. It’s surprising you aren’t more popular given that you definitely possess the gift. 온라인경마

    BalasHapus
  20. Damai sejahtera bagi Anda semua, saya mrs. Puspita Ismaya dari Balikpapan di Indonesia. Saya sangat senang karena saya mendapat pinjaman dari Perusahaan Pinjaman Rika Anderson.

    Saya tidak pernah percaya bahwa saya bisa mendapatkan pinjaman online, semua pujian ditujukan kepada Yang Mahakuasa, saya mendapat pinjaman sebesar Rp80.000.000 beberapa hari yang lalu dari ibu dari CEO RIKA ANDERSON LOAN COMPANY.

    Saya harap Tuhan memberkati mereka semua, saran saya bagi mereka yang mencari pinjaman internet harus sangat berhati-hati karena ada banyak pemberi pinjaman palsu, silakan hubungi RIKA ANDERSON INVESTMENT email rikaandersonloancompany@gmail.com. Whatsapp +1(929)526-0086 Anda juga dapat menghubungi saya di puspitanismaya@gmail.com

    KESAKSIAN: Puspita Ismaya
    NEGARA: Balikpapan di Indonesia
    PINJAMAN: Rp80.000.000
    puspitanismaya@gmail.com

    RIKA ANDERSON LOAN COMPANY
    Situs web: www.rikaandersonloancompany.webs.com
    email: rikaandersonloancompany@gmail.com
    Direct Call/Whatsapp: +1(929)526-0086

    BalasHapus

Twitter @iqbal_kautsar

Komentar Pembaca

BACA LEBIH BANYAK