Lima Alasan Kamu Harus Wisata Kebumen

12.38

Tugu Lawet. Tengara khas Kebumen.

Belum banyak yang menetapi Kebumen sebagai tujuan wisata di Indonesia. Bahkan, di Jawa Tengah, saya rasa daerah yang terkenal sebagai Kota Lawet ini juga kurang dilirik untuk dikunjungi. Nama Kebumen memang tak banyak dikenal sebagai tempat yang menyediakan banyak pesona wisata. Selama ini, Kebumen lebih dikenal sebagai daerah penyetok buruh di Ibukota dan lumbung pangan di Jawa Tengah. Dalam kesunyiannya, Kebumen berada di bawah bayang-bayang Yogyakarta sebagai pusat wisata Indonesia dan Cilacap sebagai salah satu daerah andalan wisata Jawa Tengah. Memang Kebumen tepat berada di tengah daerah itu.

Cobalah buka situs resmi pariwisata Indonesia: www.indtravel.com, adakah destinasi wisata di Kebumen yang tampil di sana? Apalagi tercantum di buku panduan tersohor para pelancong internasional: Lonely Planet. Ah, tidakkah kondisi ini jujur menyedihkan bagi saya yang jadi anak asli Kebumen.

Pemerintah Daerah Kebumen dimana? Kok tidak mau serius sekali mempromosikan potensi wisatanya yang kalau kita mau jujur, ternyata banyak yang berkelas nasional atau bahkan berkelas dunia! Daripada menunggu pasif, sambil bercuap-cuap kritik sana-sini yang pastinya kurang didengar oleh aparat dan pejabat pemerintah daerah, saya lebih baik melangkah. Untunglah banyak juga kawan-kawan yang resah dengan kondisi 'ketidakterkenalan' kampung halaman Kebumen dan 'kekurangpromosian' keindahan Kebumen di jagat nasional. Untuk itulah kami pun menggagas semacam gerakan independen KEBUMEN KEREN | www.kebumenkeren.com.

Sedikit ikhtiar kecil untuk menduniakan Kebumen, salah satunya adalah lewat wisatanya. Kami pun mengajak kalian untuk datang ke Kebumen. Secara serial, kami mulai buat gambar bertulisan untuk mempromosikan pesona Kebumen dari aspek wisata alam, budaya dan manusiannya. Seri pertama tentang gambar bertulisan dari Kebumen Keren adalah  "Lima Alasan Kamu Harus Wisata ke Kebumen."


***


Alasan Pertama:
Kamu Bisa Piknik Ceria ke Pantai Menganti

Pantai Menganti ini dikenal sebagai tempat yang menawarkan panorama New Zealand-nya Indonesia. Terletak di Desa Karangduwur, Kec. Ayah.

Koordinat lokasi: -7.770362, 109.413424

PANTAI MENGANTI


Alasan Kedua:
Kamu Bisa Wisata Sejarah di Benteng Van Der Wijck

Benteng Van Der Wijck terkenal sebagai benteng merah-nya Indonesia. Bentuknya unik segi delapan simetris. Satu-satunya di Indonesia. Terletak di Desa Sedayu, 4 km ke utara dari Kota Gombong, Kebumen.

Koordinat lokasi: -7.599597, 109.516814

BENTENG VAN DER WIJCK


Alasan Ketiga:
Kamu Bisa Caving Seru di Goa Barat.

Goa Barat dikenal sebagai Goa 100 air terjun. Dengan air terjun Superman Big Sister yang paling tinggi dengan ketinggian 32 meter. Terletak di Desa Jatijajar, Ayah

Koordinat lokasi: -7.668312, 109.434009

GOA BARAT


Alasan Keempat:
Kamu Bisa Bertualang Batuan Purba di Karangsambung Geopark

Karangsambung Geopark ini terkenal sebagai taman bumi terlengkap dan terpadat di Asia. Terletak di Kec. Karangsambung, Kec. Sadang, dan Kec. Karanggayam.

Koordinat lokasi: -7.546513, 109.672281

KARANGSAMBUNG GEOPARK



Alasan Kelima:
Kamu Bisa Menikmati Uniknya Kuliner Sate Ambal

Sate Ambal ini saking manisnya dianggap sebagai "Permen Daging". Tapi rasa rempahnya bikin Kamu dijamin ketagihan pada gigitan pertama. Sentra lokasinya terletak di Desa Ambal Resmi, Kec. Ambal

Koordinat lokasi:  -7.789098, 109.732146

SATE AMBAL


***

Kalau ada kawan-kawan yang penasaran dan ingin tahu ada apa di Kebumen yang keren, tunjukkan saja "Lima Alasan Kamu Harus Wisata ke Kebumen". Saya rasa cara ini sangat gampang dan ringkas untuk meyakinkan agar tertarik berwisata ke Kebumen. Silakan sebarkan lima informasi Kerennya Kebumen di atas seluas dan sebanyak mungkin kepada siapa saja. Silakan unduh dan sebarkan di FB, WA, BBM, LINE, twitter, instagram dan aneka medsos lainnya. Yuk rame-rame tunjukkan bahwa Kebumen itu sangat keren.

KEBUMEN KEREN juga punya akun media sosial lho. Silakan disimak dan di-follow/di-LIKE di
-  Facebook: KEBUMEN KEREN


Catatan: 

You Might Also Like

9 komentar

  1. alasan keenam : Curug-Pantai Sawangan (Karangduwur, Ayah) yang mempesona ....lihat di sakobere.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih tambahannya Sakobere.. Saya sudah menulisnya di http://diasporaiqbal.blogspot.com/2014/06/boleh-kami-namai-curug-pelangi.html. :D

      Hapus
  2. Balasan
    1. Terima kasih sudah berkunjung.. Tinggal berkunjung ke Kebumen ya

      Hapus
  3. sepertinya masih banyak yg belum disebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu mas Bangun Riyadi.. Kebumen masih punya ratusan alasan lain yg membuat perlu datang ke Kebumen.. :D

      Terima kasih sudah berkunjung..

      Hapus
  4. banyak juga ya tempat wisata yang ada di kebumen..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebumen memang punya banyak potensi yang akan terus digaungkan agar lebih dikenal.. :D

      Hapus
  5. Terimakasih untuk artikel yang sangat bermanfaat ini, kami bertambah pengetahuan setelah membaca artikel ini, para pembicara internet marketing selalu menyarankan untuk kita terus menulis artikel bermanfaat seperti ini, salam dari mutiara untuk membawa kesuksesan pearl wholesale Indonesia dan sukses selalu untuk Anda.

    BalasHapus

Twitter @iqbal_kautsar

Komentar Pembaca

BACA LEBIH BANYAK

Subscribe