Sejam untuk 12.000 km Bawah Laut Pesisir Australia Barat - NG TRAVELMATE #4

06.16

AQWA menjadi favorit anak-anak belajar tentang biota laut.

Kalau Kings Park menyuguhkan keanekaragaman tanaman Australia Barat, AQWA adalah etalase biota laut dari sepanjang 12.000 kilometer garis pantai Australia Barat. Dengan berkunjung ke AQWA, saya tak perlu menyelam ke bawah laut perairan Australia Barat tapi cukup menenggelamkan ketakjuban pada keunikan 400 jenis spesies biota laut.
  
AQWA (Aquarium of Western Australia) terletak di tepi pantai Hillarys, di pinggiran kota Perth, yang ditempuh berkendara selama 30 menit. Panorama sore tepian Samudera Hindia mengiringi perjalanan saya dengan langit yang cerah ceria. AQWA bukan punya badan pemerintah, tetapi dimiliki dan dikelola oleh Coral World International. Meski harga tiket tak disubsidi, tak menyurutkan AQWA sebagai salah satu destinasi impian ketika berkunjung ke Australia Barat.

Suara riuh anak-anak menyambut saya tatkala memasuki AQWA yang dikemas remang dengan pencahayaan dramatis. Sebagai destinasi yang memamerkan binatang, AQWA menjadi favorit bagi orang tua untuk memperkenalkan buah hati tentang kehidupan laut. Warna-warni ikan memikat para bocah untuk serius memandangi. Saya mengikuti ketakjuban anak-anak dan terus melangkah dari satu akuarium ke akuarium lainnya.

AQWA membagi jenis biota laut dalam 5 kawasan pesisir Australia Barat yang memiliki karakteristik tersendiri. Dari tadi, saya menikmati suguhan aneka biota laut di kawasan Great Southern dan terpaku pada keanggunan Leafy Seadragon yang tampak lebih mirip tumbuhan alih-alih hewan. Gerakannya yang melayang di air sambil sesekali bergoyang ibarat sang penari ini sungguh menarik perhatian saya. Ada juga ikan Western Blue Devil yang menampakkan tutul-tutul biru yang dingin layaknya iblis di lautan.

Saya lalu melangkah di kawasan Shipwreck Coast, yang mewakili biota di daerah pesisir Kalbarri dan Geraldton. Di sinilah area yang paling disukai anak-anak. Dengan menyusuri eskalator di Walkthorugh Aquarium, ikan hiu Grey nurse, ikan pari Stingray, penyu loggerhead dan ribuan ikan kecil lainnya bersliweran di atas saya. Anak-anak tampak ingin menyentuh gemulai gerakan hewan laut tersebut tapi terhalang  dinding kaca tebal. Beberapa penyelam berenang bersama ratusan ikan di aquarium terbesar di Australia ini. Cahaya yang muncul bagai tirai di dalam air menambah suguhan semirip mungkin dengan sensasi menyelam sungguhan di kedalaman lautan.

Kawasan Perth Coast kini menyambut dengan ketenangan aquarium ubur-ubur, aneka udang dan kepiting, dan belut laut Moray. Selanjutnya, saya memasuki area Danger Zone yang menampilkan hewan-hewan laut paling mematikan yang dijumpai di perairan Australia Barat, semacam ular laut, lion fish, gurita cincin biru dan ikan batu. Untunglah hewan ini ditampilkan aman di aquarium, sehingga kita tak perlu tertarik mendekat jika berjumpa di alam sesungguhnya.

Dalam waktu satu jam, rasanya AQWA sukses menghidangkan saya informasi padat aneka biota laut Australia Barat dengan renyah dan gampang dicerna. Saya paripurna menjelajah tepat dengan tutupnya jam operasional AQWA. Mendatangi AQWA di sore hari pun harus menjadi satu paket dengan menyanjung matahari terbenam di pantai Pelabuhan Hillarys Boat. Dalam haribaan semilir angin Samudera Hindia, saya pun menyusuri tepian pelabuhan sambil bergabung dengan kegembiraan warga Perth yang menghabiskan sorenya. 



Video perjalanan di Australia Barat dalam NG Travelmate




Perjalanan di Australia Barat ini terlaksana bersama NATIONAL GEOGRAPHIC INDONESIA - www.nationalgeographic.co.id dan TOURISM WESTERN AUSTRALIA BOARD - www.westernaustralia.com dalam tajuk acara NG TRAVELMATE. Selama 6 hari (5 - 10 April 2016), saya mengeksplorasi pesona Australia Barat. Ada 11 tulisan dalam rangkaian perjalanan ini dan sebelumnya merupakan 'assignment' dari National Geographic Indonesia. Beberapa tulisan sudah tayang di majalah NG TRAVELER dan laman www.nationalgeographic.co.id.

Berikut ini, sebelas tulisan tentang pengalaman saya merayakan pesona Australia Barat yang mengagumkan. Kamu harus membaca semuanya...


Selamat membaca dan menarik kisah perjalanan yang lebih bermakna...

You Might Also Like

6 komentar

  1. Liat bideonya kok asyik banget itu sepedaannya ahahhahah. Itu yang paling pertama kulihat, selebihnya ternyata juga indah :-D.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener2 pulaunya mantaap untuk sepedaan mas. Coba di Indonesia ada satu pulau yang bisa dinikmati cuma dgn sepeda tp memyajikan alam yg berbukit-bukit

      Hapus
  2. teladan. akhirnya pecah telor nih. tulisannya keluar. haha. tapi mana nih poto2 cakepnya kok g dpamerkan? coba yo d jogja ada wisata aquarium gt.. pasti seru dan aku mau deh disuruh review.haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha.. bertahap kak tayangnya. nanti pas selow diupload foto-foto yang buanyaaaaakkk.. :D

      di Umbul Ponggok Klaten aja Aquariumnya.,. haha

      Hapus
  3. Balasan
    1. ini cara paling mudah untuk menikmati alam bawah laut lhoo.. dateng ke aquarium.. gak ekstrim dong..

      Hapus

Twitter @iqbal_kautsar

Komentar Pembaca

BACA LEBIH BANYAK

Subscribe