Parai Tenggiri dalam Bingkai Eksotik

15.47

Pantai Parai Tenggiri di Bangka.

Ya, di Bangka inilah pantai paling terkelola dengan baik. Pantai Parai Tenggiri. Ada resor bintang empat yang memoles Pantai Parai Tenggiri menjadi kawasan eksklusif. Saya pun harus merogoh kocek Rp 25.000 untuk bisa masuk. Untung, ada bonus soft drink yang cukup mengusir dahaga di tengah siang Bangka yang terik. Ah tak apalah, sekali ini saya menikmati pantai komersil yang menjadi tujuan favorit para turis asing dan domestik berwisata di Pulau Bangka.

Pantai Parai Tenggiri memang pantas menjadi pantai terindah di Pulau Bangka. Tak sekedar pasir putih yang berkilap bak intan permata, di pantai ini juga terserak bebatuan granit di antara biru toska lautan dan pasir putihnya. Sebuah pulau ada di seberang pandang yang dikelilingi bebatuan granit yang besar beraneka rupa. Namanya Pulau Tenggiri. Panoramanya sungguh eksotik. Setiap yang melihatnya pasti akan berdecak kagum padanya.

Di atas pulau Tenggiri itu, berdiri restoran dan kanopi-kanopi sebagai tempat rehat menikmati suasana. Untuk menuju ke pulau ini, saya melewati sebuah jembatan. Di kedua sisinya berhiaskan lampu-lampu. Andai senja mulai menjelang, lampu ini akan memberi kesan romantisme bagi yang berkunjung ke Parai Tenggiri ini.

Kawasan Pantai Parai Tenggiri ditetapkan sebagai kawasan wisata hijau dengan sebutan Parai Green Resort. Pihak pengelola memiliki kepedulian yang besar terhadap usaha penyelamatan lingkungan. Caranya, mengurangi penggunaan bahan-bahan yang dapat mencemari pantai, seperti plastik, serta menanam banyak pohon di lokasi wisata ini. Betapa sejuknya dan segarnya saat saya merebahkan diri di atas pasir Parai. Saya sambil dipayungi pohon kelapa yang begitu rimbun meneduhkan.

Sayup-sayup terdengar keriuhan suara sekelompok wisatawan. Mereka begitu meriah tatkala seorang temannya mencoba Parasailing. Teman-teman yang berdiri di pinggir pantai meneriaki kawannya yang histeris tatkala berada di atas pantai. Tiba-tiba ada sepasang pasangan yang sepertinya baru honeymoon tampak asyik berfoto-foto di relung-relung bebatuan. Saking menikmatinya suasana, saya juga lama tak beranjak dari atas pasir. Rasanya tak mau beranjak dari panorama Pantai Parai Tenggiri.

Pantai Parai Tenggiri terletak di Desa Sinar Baru, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung. Dari kota Pangkalpinang berjarak 45 km. Ternyata Bumi Bangka yang terkandung berjuta-juta ton timah, juga mengandung pesona luar biasa dari keindahan bentang pantainya. Pantai Parai Tenggiri adalah salah satu yang terindah di Bangka. Beruntung bagi saya tatkala saya mengunjungnya di saat yang cerah. Matahari sempurna memancarkan sinarnya yang memantul pada birunya langit, putihnya pasir serta uniknya bebatuan granit. Parai Tenggiri yang eksotik.













You Might Also Like

4 komentar

  1. Balasan
    1. Makasiiih Bal.. hhehehe.. ayuuuk jalan2.. :)

      Hapus
  2. coba setiap pengelola resor seperti pengelola resor pantai itu ya..hehe.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaaaaps.. pantai yg dikelola oleh resor2 biasanya lebih baik dripada pantai yg dikelola pemerintah.. cuma ya konsekuensinya jadi mahal tiketnya.. ini aja di Parai masuk harus byar 25ribu.. :).. tapi cukup worthed..

      Hapus

Twitter @iqbal_kautsar

Komentar Pembaca

BACA LEBIH BANYAK

Subscribe