Menengok Elok Teluk Benete

11.49

Nelayan yang beraktivitas di kawasan Teluk Benete

Bagi PT NNT, Teluk Benete menjadi salah satu urat nadi transportasi. Dari sinilah, konsentrat hasil tambang dikirim ke berbagai smelter di dunia. Dari sini, para karyawan datang dan pergi dari berbagai daerah di Indonesia. Dari sini juga, pasokan barang dan peralatan datang dari aneka pulau seberang. Dari Benete lah, saya dan Bootcampers menginjakkan pertama kali di ‘negeri’ Newmont Batu Hijau. Namun, saya punya persepsi, Benete tak sekedar tentang aktivitas PT NNT, lanskap yang tersaji juga menyiratkan keindahan imaji.

Sore itu jelang senja hari, ferry cepat Tenggara Satu mulai merasuk ke teluk yang berada di Kecamatan Maluk. Perbukitan di sekelilingnya menyambut dengan hijau segarnya. Perairan tenang, angin pelan, langit cerah, mentari tampak riang memancarkan sinarnya. Di kejauhan, perahu nelayan setempat lalu lalang memancing dan atau menjala ikan di perairan sekitar teluk. Di dekat dermaga beningnya lautan menampakkan ikan-ikan kecil di kedalaman. Ah, sungguh mengejutkan di area yang dekat dengan aktivitas PT NNT, ternyata kualitas lingkungan tetap saja bagus menggembirakan.

Saya tiba lagi di Teluk Benete pada pagi hari yang ceria terpancarkan sinar surya. Saya punya agenda bersama kapal Tenggara Explorer untuk mengikuti bagian Environmental PT NNT melakukan pemantauan kondisi perairan di sekitar PT NNT. Baik pagi maupun sore, panorama Teluk Benete sama saya, tetap ciamik untuk dipandangi dengan manisnya perbukitan dan jernihnya perairan. Spesial pagi, kabut-kabut tipis mengambang di perbukitan dan pemukiman yang melingkari Teluk Benete. Misty Benete!

Bagaimana dengan keindahan bawah lautnya? Saya tak mengalaminya langsung, tapi kisah dari Bootcampers yang menyelam di Teluk Benete sungguh mengundang pikat suka. Saksikanlah terumbu karang dan biota laut mewarnai kedalaman perairan Benete. Yang mengagumkan, sebagian karang ini adalah hasil konservasi PT NNT untuk memulihkan lingkungan Teluk Benete yang dulunya hancur akibat penggunaan bom ikan. PT NNT telah menanam ratusan reefball di area Teluk Benete yang hasilnya sekarang telah kelihatan mengembalikan ekosistem. 

Cerita keindahan lebih lengkap alam bawah laut Teluk Benete bisa dilihat di tulisan kawan bootcampers yang menjajal langsung dengan ber-diving ria: www.dhave.net dan http://adhikurniawan.com/


Jernihnya perairan di Pelabuhan Benete meski dekat kawasan PT NNT
Sunset Teluk Benete
Teluk Benete yang tenang pada suatu pagi

Kapal konsentrat yang sedang merapat di Benete untuk mengirimkan ke smelter seluruh dunia
Boat yang merapat di Benete.
Reefball yang sudah tumbuh dengan karang. Upaya konservasi PT NNT. Foto: Dhanang Puspita www.dhave.net 
Keindahan bawah laut Teluk Benete ramai dengan Seafan. Foto: Dhanang Puspita www.dhave.net 
Ikan nemo pun menari di anemon. Keindahan bawah laut Teluk Benete. Foto: Dhanang Puspita www.dhave.net 

Bagusnya, juga baca tulisan utuh tentang wisata lingkar tambang Batu Hijau ya

atau

Baca tulisan keindahan selanjutnya Pantai Lawar yang sangat sepi -> Santai Melawat ke Pantai Lawar

You Might Also Like

4 komentar



  1. Waktu aku diving 4 tahun yg lalu di benete, reef ball nya masih dikit trumbu karang nya.
    Eh foto2 sekarang dah cakep, kayak nya gw mesti diving disana #NgarepDiajakLagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah dalam waktu 4 tahun ternyata proses pertumbuhannya cepat ya. Salut emang ni utk PT NNT.. Aku sayangnya belum diving ni, hihihi.. Maulah lagi untuk ngulang.. hahaha

      Hapus
  2. indah banget terumbu karangnya, recoment banget buat wisata dengan keindahan di bawah air yang bagus..

    BalasHapus
  3. dilaut teluk benete pun kita bisa menjumpai ikan nemo dan pantai yang indah..

    BalasHapus

Twitter @iqbal_kautsar

Komentar Pembaca

BACA LEBIH BANYAK

Subscribe